Teknologi Jaringan Intranet, Ekstranet Dan Internet Di Perpustakaan


Intranet merupakan sebuah jaringan yag dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknoogi komunikas data. Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. Intranet berkembang pesat di Amerika – Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet. Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya.

contoh: gambar  pemanfaatan intranet untuk automasi perpustakaan

Terus bagaimana intranet apakah di pakai di perpustakaan juga ? intranet bisa juga di pakai di perpustakaan contohnya perpustakaan fakultas kedokteran UGM memakai fasilitas intranet supaya sebuah jurnal on line hanya bisa di lihat atau didownload di perpustakaan tersebut karena memakai IP adress yang didaftarkan sebuah situs penyedia jurnal kedokteran online yang sudah diberi firewall ( firewall adalah sebuah perangkat lunak/keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet atau akses user di dalam jaringan lokal ke jaringan luar) lokal yang terhubung ke jaringan internet, untuk melindungi aset sistem informasi dari serangan pihak luar.

Hal ini menjadikan intranet benar-benar berdiri secara independen. Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Jenis pemanfaatan intranet

Penggunaan intranet sebetulnya tergantung dari bentuk organisasi penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut maka mempermudah model disain intranet yang kan digunakan.

Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak digunakan untuk:

  1. OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan

  2. membrikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna, contohnya jurnal kedok teran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.

  3. informasi sistem service, dll

  4. Sistem sirkulasi online

Komponen pembentuk intranet

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:

  1. aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)

  2. komputer server

  3. perangkat jaringan

  4. protokol TCP/IP

  5. bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)

  6. komputer client

  7. perangkat bantu pengembang

yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagianinformasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

 

Internet

Intercenneted network atau lebih dikenal dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komuniasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsug maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lain menggunakan unique name yang bisa disebut alamat IP 32 bit. Contoh 202.133.81.6

Cara koneksi internet :

  1. mendaftarkan diri ke ISP (internet service provider)

  2. lewat modem dial up (telepon)

  3. dengan GPRS melalusi ponsel

 

Perbedaan intranet dengan internet dan ekstranet:

Intranet

Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)

Ekstranet

Jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.

Internet

Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.

 

Internet: Strategi Penggunaannya Di Perpustakaan

Internet menawarkan alternatif baru dalam pemerolehan informasi dan sekaligus penyebarluasan informasi. Jika sebelumnya, informasi berbasis cetak merupakan primadona perpustakaan tradisional, sekarang tersedia format baru dalam bentuk digital melalui Web. Koleksi bahan digital yang ditransmisikan secara elektronik dan disebut perpustakaan digital, keberadaannya semakin penting dalam pemenuhan kebutuhan informasi pengguna.

Pengunaan Internet di suatu perpustakaan dapat dibedakan ke dalam dua jenis.

Pertama, penyediaan akses yaitu penyediaan sarana dan prasarana dimana pustakawan dan pengguna perpustakaan dapat menggunakan Internet. Dalam hal ini, perpustakaan menyediakan sejumlah komputer sebagai terminal yang terhubung ke Internet. Penyediaan layanan akses ini bertujuan untuk memungkinkan sivitas akademika dapat memperoleh informasi yang bersumber dari Web, yang diperlukan untuk mendukung kegiatan proses belajar-mengajar dan penelitian. Kegiatan ini pada dasarnya sama dengan penyediaan bahan pustaka cetak yang merupakan kegiatan rutin suatu perpustakaan tradisional.

Pengguna dapat melakukan sendiri penelusuran, atau dengan memesan bahan yang mereka perlukan kepada pustakawan. Dalam kaitan ini, pengetahuan dan pengalaman pustakawan dalam penelusuran menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan efisiensi pustakawan dan pengguna. Pustakawan sesuai dengan peran dasarnya, dalam menyediakan akses Internet dapat bertindak sebagai pembimbing terutama bagi pengguna baru, konsultan seperti layaknya fungsi pustakawan referens, pengawas untuk penggunaan yang tidak produktif, penelusur berdasarkan pesanan pengguna, diseminator untuk penyebarluasan informasi tentang bahan Web, dan organisator untuk mengorganisasikan bahan-bahan Web.

Kedua, publikasi elektronik yaitu kegiatan untuk mempublikasikan berbagai informasi tentang dan oleh perpustakaan. Dalam hal ini, perpustakaan memiliki dan memelihara sendiri suatu situs Web. Penerbitan Web bertujuan untuk mempublikasikan berbagai informasi tentang perpustakaan dan kegiatannya. Kegiatan ini pada dasarnya sama dengan publikasi berbagai selebaran, brosur, pamflet panduan perpustakaan, daftar perolehan baru, katalog dalam berbagai jenis, dan sebagainya yang biasanya dilakukan oleh sebuah perpustakaan, serta kegiatan publikasi lainnya. Dalam kaitan ini, perpustakaan bertindak sebagai penerbit.

Situs perpustakaan memberi peluang baru bagi pustakawan untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya tergolong sulit untuk dilakukan. Peluang tersebut diantaranya adalah menerbitkan karya khas sekolah atau perguruan tinggi yang tidak diterbitkan tetapi didokumentasikan di perpustakaan sebagai deposit sekolah atau perguruan tinggi. Karya tersebut antara lain adalah bahan-bahan oleh dan tentang sekolah atau perguruan tinggi, termasuk diantaranya laporan penelitian, karya tulis, makalah seminar, simposium, bahan-bahan kuliah, dan publikasi sekolah atau perguruan tinggi lainnya. Kegiatan lainnya yang dimungkinkan adalah pelayanan perpanjangan pinjaman sebagai alternatif perpanjangan melalui telepon, konsultasi antara pengguna dengan pustakawan referens, penyediaan hubungan ke sumberdaya Web lain, penerbitan buletin, dan sebagainya.

Referensi:

Syafrizal, Melwin.2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi offset

Suyanto, M. 2003. Multimedia: Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi offset

Febrian, Jack. 2007. Menggunakan Internet Menjalankan Berbagai Aktifitas Melalui: PC, Notebook, Handphone, Dan PDA. Bandung: Informatika.

 

Siregar, Ridwan. 2007. Internet: Strategi Penggunaannya Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Dalam http://www.jplh.or.id/elnv4/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=68 tanggal 6 Juni 2007, pukul 17.49

written by : budhi santoso

 

 

About these ads

Posted on September 12, 2007, in Perpustakaan, Teknologi Informasi. Bookmark the permalink. 78 Komentar.

  1. copo kau gak modal

  2. bagaimana cara kerja intranet yang terdapat pada gambar di atas,please (contoh: gambar pemanfaatan intranet untuk automasi perpustakaan) cara kerjanya yahhh.

  3. very very thanks y……….

    akhirnya tugas q selesai uga

  4. gambar intranet nya mana kang ?

  5. Wogh!
    Mantab Bro.
    pAs ni buat Tugas we SIp”
    Tengkiu Bro

  6. it’s good inform ..ntar q cba publiksikn bwt daerh pelaihari & kbetuln jga q schol d’smk jrusn tkj ,,

  7. artikelnya bagus. cocok buat pelajar smp kayak saya. butuh referensi buat besok ujian.. :)

  8. keren sprti yg kuinginkan. Thank’s kk atas data yg diatas
    ^_^

  9. empas m ontong

    kembali kasih

  10. upi syamlan

    kembali kasih

  11. hiuh , untung ada jawaban.a !! hahahaha makasih ya hihihihihih

  12. mantap info sangat berguna. terima kasih buanyak

  13. duwi :
    diperbanyak lgi yay..
    dtmbh.in..
    jgn lpa..:*

  14. diperbanyak lgi yay..
    dtmbh.in..
    jgn lpa..:*

  15. aduuhh ,, susah bnget nyri tgas’a nokk

  16. Kurang Mutu Bahan yang D diDlmnya

  17. aku ra isa maca…. waton ngetik wae carilah AQ di FB

  18. heeeeeeeeeeeeemmmm…bgs jg…

  19. @margani, FTP file tansfer protokol bisa digunakan untuk intranet dan internet

  20. Thanks a lot. Mantap!

  21. bagus infonya mas,,,tapi sayang masih sedikit kampus di Indonesia yang memliliki akses untuk mengunduh jurnal-jurnal internasional,,,padahal manffatnya sangat besar untuk para mahasiswa.Sekalian mau tanya klo FTP itu masuknya ke intranet ya?

  22. @irwan, mf ge bales untuk di warnet biasanya menggunakan jenis jaringan star

  23. kk tolng kasih tau saya tiap warnet biasa na menggunakan teknologi jaringan apa dan kenapa..????

  24. thnks ya kang untk info na. ./

  25. menarik@$%*^……………………

  26. @ramzi, sama2 mf jika kurang lengkap, itu karena pengetahuan saya yang masih cetek he2

  27. penjelasan yang diberikan sangat memuaskan…thanks udh membantu penyelesaian tugas yang di berikan oleh dosen saya

  28. thx yach infrmsiX :-)
    bs bntu W bkind tgas da2kan dr dsen…..

  29. jelek cobatulis yg lebih banyak dan lengkap jangan yg tidak lengkap

  30. kirim salam buat yanicow moga cepet kurus
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
    ama mesen mie gorang 5 ama es jus 2
    cptan yaaaaaa 5kb/second

  31. wkwkwkwkwkwkwkwkwk
    buat temen sekolah tugas TIK ngopy aja dsn
    Gilang……SMPNegeri 1 Probolinggo

  32. wah lengkap nih buat tugas TIK tapi sejarah internet kok gak ada…………
    smpnegeri 1 probolinggo

  33. halluu…………………………

    hm trnyatta ccahh jujha ea jringnd infou about kmptter pussinq unq

  34. I LOVE YOU FULL,,,HA….HA….HA…

  35. thx ya atazzzzz informasi_n,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!

  36. wah bgus yaaaa informasinya.Thx sudah berbagi informasi (“,)

  37. bgusssssssssssssssssssssssss yyyyyyyyyyyyaaaaaaaaaaaaa???????

  38. Wah informasi yang berguna. Terimakasih sudah berbagi :) Salam kenal.

  39. Thank’s bagus ya

  40. Thanks bt Informnya………………………………………………..

  41. g ngerti c….
    tpi thanx krn dah bantuin ngerjain tugas tik
    bleh nax g????
    Perangkat Keras Jaringan Internet dan Intranet pa z????

  42. thanks bgt ya…. ni mah sangat membantu q lo…..

  43. Makasih, aku bs ngerjain tugas…… ^^ enaknya copty paste

  44. makasih ya aku bisa ngerjain tugasnya dengan baik

  45. wadoeh…………….. ga ngerti euy……………..

  46. makacih bgt yo… berkat ad ini, aku bsa nyelesein perbaikkan tugas aku…..
    thx banget Tuhan Yesus memberkati,,.

  47. kga ngerty gua..!!!!

  48. Makaci bgt.. mw nyadur bwt tugas kuliahqu ya mas.. :)
    seneng yach.. kalo punya sesuatu yang bmanfaat bwt org bnyk?

  49. wah….Wah . . jdy gEtooO yuAch….

  50. thanks bwat bhn niwh…….

    dan bnTu w bWt nGeRjaiN TIK…….

  51. yuPz bEneR bgDzzzzzzzzzzz

  52. makacih berkat adanya bacaan nie q dapat nilai 100 guruq.

  53. lani kasih inggrid

    boleh ya di copy buat tambahan penelitian
    makacihhhhh….

  54. sebenarnya intranet dan intranet cara kerjanya hampir sama yang membedakan hanya intranet mempunyai keterbatasan dalam priviledge dan hak ases para pemakainya. Sebagai contoh di perpustakaan terdapat aplikasi seperti GDL yang di sharing lewat local host sekitar perpustakaan UIN maka komputer, yang mengakibatkan komputer yang mengakses GDL dari luar perpustakaan UIN tidak bisa mengakses GDL kecuali GDL di ekpose keluar komunitas di sebut ekstranet.
    sedangkan internet secara sederhana dapat dikatakan dapat berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia. untuk dapat terhubung dengan komputer lain internet memerlukan alat seperti modem, router dan wifi. sedangkan untuk dapat bekerja dengan baik internet mempunyai komponen pembentuk yang hampir mirip dengan intranet misalnya; aplikasi browser, komputer server, perangkat jaringan dll. semoga dapat membantu

  55. gimana sih cara kerja internet dan intranet??

  56. good news…

    sling mmbntu sSama almni UIN..

    thnks…

  57. Thx Bro..
    InforMasi’Nya LengKap..

  58. bagus…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..??????????????????????????????????????????????????????????????????ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRATTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTAAAAAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssss

  59. baguz” .. ^^

  60. diperbanyak penjelasan lewat tulisan dan bambarnya biar kita mengerti akan jaringan itu

  61. krg banyak penjelasanya

  62. wah mas makacih yach atas data yang ada di blogg anda ,sangat membantu moga2 TUHAN membalas berkat bwt anda,,,,,,,,,,,,,,,,,

  63. nocomment

  64. kapan anda mengadakan workshop “perpustakaan” untuk tahun 2008, tolong saya diinformasikan

  65. makacih ya…..GBU

  66. lihat bukunya aja biar lengkap

  67. asy!!!!!!

    kurang lengkap BANGET!!!!!!!!!

  68. tank kiyu kang, aku numpang copy paste artikelnya, buat tugas di kerjaan (Tugas Makalah Pelatihan Jardiknas), sekali lagi tank kiyu banget. Salam Kenal

  69. Yup, memang benar tulisan ini memang mata kuliah sistem jaringan informasi :). Pustakawan masa depan harus bisa mengusai teknologi informasi agar tidak tertinggal sehingga pustakawan bisa menjadi subjek bukan menjadi objek informasi :).

  70. wah, mata kul sistem jaringan informasi bgt nih,,,

  1. Ping-balik: SMK Yayasan Pendidikan Lirik » Blog Archive » Teknologi Jaringan Intranet, Ekstranet Dan Internet Di Perpustakaan

  2. Ping-balik: Teknologi Jaringan Intranet, Ekstranet Dan Internet Di Perpustakaan - Posted In Artikel | mubaroki-eoss.web.id - mubaroki-eoss.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.221 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: