JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI (IPI) PROGARAM STUDI S-1 ILMU PERPUSTAKAAN (IP) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI (IPI) PROGARAM STUDI S-1 ILMU PERPUSTAKAAN (IP)

  1. Kilas Sejarah

Program S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan dibuka mulai tahun akademik 2002/2003, sebagai pengembangan program studi D3 Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam (IPII) yang sudah berlangsung sejak tahun 1998. kemudian setelah diterbitkan SK Mendiknas Nomor:05/MPN/HK/1004 Tanggal 23 Januari 2004, berubah nama menjadi Progam Studi Ilmu Perpustakaan (IP), progran S-1. adapun S-1 Prodi Ilmu Perpustakaan (IP) kelas khusus dimulai tahun 2004, pembukaannya didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan berikut:

  1. Banyaknya permintaan dari instasi/lembaga yang ingin mendidik staf atau pegawainya pada prodi ilmu perpustakaan kelas khusus
  2. Banyaknya tenaga pustakawan yang belum mempunyai ijasah S-1 Ilmu Perpustakaan
  3. Banyaknya program diploma yang ingin melanjutkan studinya pada progran S-1 Ilmu Perpustakaan.
  4. Sumber daya fakultas dan universitas yang cukup untuk menyelenggarakan kelas khusus.

  1. Visi, Misi dan Tujuan

Visi:

Unggul dan terkemuka dalam pemanduan dan penemangan keislaman dan kepustakawanan

Misi:

    1. Meningkatkan mutu keilmuan secara profesional di bidang perpustakaan dan informasi yeng berkonsentrasi keislaman dengan kemampuan memanfaatkan teknologi dan komunikasi
    2. Menumbuhkan pengalaman meneliti dalam bidang perpustakaan dan informasi serta mampu menyebarluaskan hasilnya baik melalui publikasi maupun forum ilmiah lainnya.

Tujuan

Mempersiapkan tenaga ahli perpustakaan dan informasi yang siap memenuhi kebutuhan pengguna serta mampu bertindak sebagai manajer untuk mengelola perpustakan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan depo arsip dengan konsep manajemen modern.

3. Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan (IP) berkompetensi dalam bidang ilmu perpustakaan, informasi, kearsipan dan dokumentasi.

4. Prospek Lulusan

Perkembangan teknologi informasi yang tidak hanya menjangkau perpustakaan tetapi juga hampir seluruh lembaga pemerintah dan swasta, kedubes-kedubes asing, sangat membutuhkan tenaga-tenaga yeng memenuhi kualifikasi sarjana. Di samping itu, masih sangat banyak perpustakaan yang jumlahnya ribuan, baik perpustakaan perguruan tinggi, maupun sekolah-sekolah, perpusakaan umum maupun khusus, yang belum mempunyai karyawan berpendidikan formal tingkat sarjana dalam bidang perpustakaan dan informasi. Lulusan program studi S-1 IPI berpeluang untuk melanjutkan ke jenjang S-2, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

5. Matakuliah

- Aplikasi Database

- Aspek Hukum Dalam Informasi

- Aplikasi Speadsheed Dan Pengolah Kata

- Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris)

- Computer Operating System (DOS, Windows, Linux)

- Dasar-Darar Klasifikasi

- Dasar-Dasar Katalogisasi

- Dasar-Dasar Komunikasi Dan Informasi

- Deskripsi Bibliografis Multimedia Dan Media Elektronik

- Deskripsi Bibliografis Literatur Aksara Arab

- Dokumentasi

- Deskripsi Bibliografis Literatur Aksara Jawa

- Dekstop Publishing (BK)

- Desain Web (KI)

- Etika Profesi

- Ergonomi

- Filsafat Umum

- Filsafat Ilmu

- Filologi

- IAD/ISBD

- Ilmu Kalam

- Internet

- Terbitan Pemerintah Dan Badan-Badan Internasional (KP)

- Islam Dan Budaya Lokal (Jawa)

- Informasi Dalam Konteks Sosial

- Jasa Informasi Dan Perpustakaan

- Kearsipan

- Klasifikasi Khusus Islam

- Konservasi Dan Persevasi Informasi

- Kuliah Kerja Nyata (KKN)

- Linux Operating System (KI)

- Metodologi Penelitian Pusdokinfo

- Manajemen Perpustakaan

- Manajemen Terbitan Berseri

- Manajemen Koleksi

- Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan (KI)

- Operation Research (BK)

- Otomasi Perpustakaan

- Pengantar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi

- Pengantar Studi Islam

- Pengantar Fiqh/Ushul Fiqh

- Psikologi Pemakai

- Sejarah Kebudayaan Islam

- Sejarah Agama-Agama

- Sejarah Perpustakaan Islam

- Statistik

- Sistem Jaringan Dan Kerjasama Perpustakaan

- Sumber Rujukan Umum

- Sumber Rujukan Islam

- Skripsi

- Teknik Penulisan

- Terbitan Pemerintah Dan Badan Internasional

- Teknologi Media (BK)

- Temu Kembali Informasi

- Teknologi Informasi

- Pancasila Dan Kewarganegaraan

- Ulumul Qur’an

- Ulumul Hadist

- Akhlak Tasawuf

6. Staf Pengajar

Staf pengajar program D-3 IPII dan S-1 IPI (Reguler dan Kelas Khusus) adalah para dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan Universitas Gadjah Mada yang umumnya berijazah S-2, baik lulusan dalam maupun luar negeri. Mereka adalah:

1. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc, M.Ag. (S-1 Al-Azhar Kairo, S-2 IAIN Sunan Kalijaga, S-3 Doktor UIN Sunan Kalijaga)

2. Anis Masruri, S.Ag, S.IP, M.Si. (S-2 IP UGM, S3 UNY dalam proses)

3. Sri Rohyanti Z., S.Ag., S.IP., M.Si. (S-2 IP UGM, S3 UNY dalam proses)

4. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd. (S-1 IAIN Sunan Kalijaga, S-2 UNY, S3 UNY dalam proses)

5. Dra. Labibah, M.Lis. (S-2 McGill University Canada, S3 McGill University dalam proses)

6. Nurdin Laugu, S.Ag., S.IP., MA. (S-1 IP UI, S-2 Laiden Belanda)

7. Drs. Djazim Rohmadi, M.Si (S-2 IP UGM)

8. M. Sholihin Arianto, A.Ag., SIP., M.Lis (S-1 IP UI, S-2 IIUM Malaysia)

9. M. Ainul Yaqin, S.Pd., M.Ed. (S-2 Amerika)

10. R.M. Mahrus H. Effendi, S.S., M.T. (S-2 MTI UGM)

11. Siti Rohaya, S.Ag., M.T. (S-2 MTI UGM)

12. Marwiah, S.Ag., S.IP., M.Lis. (S-1 IP UI, S-2 McGill University Canada)

13. Dr. H. Taufiq Ahmad Daldiri, S.U. (S-3 UIN Sunan Kalijaga)

14. Drs. H. Maman Abdul Malik Sy., M.S. (S-2 UGM)

15. Dra. Hj. Siti Maryam, M.Ag. (S-2 IAIN Sunan Kalijaga, Kandidat Doktor)

16. Drs. Ida Fajar Priyanto, M.A (S-2 IP Loughborough Institute Technology Inggris)

17. Drs. Tri Septiantono, S.IR, M.Si (S-2 IP UI)

18. Drs Purwono, S.IP, M.Si. (S-2 IP UI)

19. Drs. Lasa HS., M.Si (S-2 IP UGM)

20. Drs. Umar Siddik, S.IP (SIP UI, S-2 UNY dalam proses)

21. Parsih, S.H, S.IP., M.Si. (S-2 IP UI)

22. Hj. Sri Rumani, S.H., S.IP, M.Si (S-2 IP UGM)

23. Drs. Sofie Yusuf, BA (S-1 IP UI)

24. Drs Sofyan Riyanto, S.IP (S-1 IP UI)

25. Drs Budiono, S.IP (S-1 IP UI)

26. Krishna Dewayani, S.Psi., M.Si. (S-1 dan S-2 Psikologi UGM)

PROGARAM STUDI D3

ILMU PERPUSTAKAAN

DAN INFORMASI ISLAM (IPII)

1) Kilas Sejarah

Program studi D-3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi islam dibuka sejak tanggal 18 November 1998, bedasarkan SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E/369/1998, denan nama prgram studi D-3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Kemudian setelah diterbitkan SK Mendiknas Nomor: 05/MPN/HK/1004 tanggal 23 Januari 2004 untuk program studi D-3 IPII berubah nama menjadi D-3 Perpustakaan dan Informasi Islam (PII)

2) Tujuan

Mendidik calon tenaga asistensi perpustakaan dan iformasi yang merupakan tenaga tingkat menengah (sub profesional) serta memberikan pengetahuan dan kualifikasi dasar utuk menjalankan tugas-tugas rutin dan teknis dalam bidang perpustakaan.

3) Kompentensi

Lulusan D-3 perpustakaan dan informasi islam (PII) berkompetensi dalam bidang assistensi perpustakaan dan informasi tingkat menengah.

4) Prospek lulusan

Lulusan D-3 IP dipersiapkan untuk:

  1. Mengisi formasi teaga pustakawan pada lembaga pendidikan dan instansi, baik pemerintah maupun swasta.
  2. Bisa melanjutkan ke S-1 pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi ilmu perpustakaan.

5) Matakuliah

- Al-Qur’an dan Al-Hadits

- Aplikasi Teknologi Informasi

- Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris)

- Computer Operating System (DOS, Windows, Linux)

- Dasar-Darar Klasifikasi

- Dasar-Dasar Katalogisasi

- Dasar-Dasar Komunikasi Dan Informasi

- Deskripsi Bibliografis Dasar

- Deskripsi Bibliografis lanjutan

- Deskripsi Bibliografis Literatur Aksara Arab

- Deskripsi Bibliografis Literatur Aksara Jawa

- Etika Profesi Informasi

- Filologi

- Internet

- Teknik Penulisan

- Literatur Anak

- Manajemen Perpustakaan

- Manajemen Koleksi

- Organisasi Informasi Dasar

- Organisasi informasi keislaman

- Otomasi Perpustakaan

- Pengantar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi

- Pengantar kearsipan

- Pengantar Fiqh/Ushul Fiqh

- Pengantar Dokumentasi

- Perpustakaan Perguruan Tinggi

- Perpustakaan Sekolah/ Madrasah

- Perpustakaan Umum

- Perpustakaan Khusus

- Perpustakaan Masjid

- Pemasaran Jasa Perpustakaan

- Sarana dan Prasarana Perpustakaan

- Sumber Rujukan Umum

- Sumber Rujukan Islam

- Terbitan Pemerintah Dan Badan Internasional

- Teknologi Informasi

- Psikolog Pemakai

- Persevasi dan Konservasi

- Pendidikan Pemakai

- Praktek Kerja Lapangan

Sumber : Booklet Fakultas Adab Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

Download versi pdf: progaram-studi-ilmu-perpustakaan

About these ads

Posted on Juni 16, 2008, in Perpustakaan. Bookmark the permalink. 37 Komentar.

  1. Di tunggu aja pak, sekarang belum buka

  2. saya mo transfer s1 dr d3 ilmu informasi perpustakaan dan kearsipan di Padang bisa gag?

  3. Aziz

    untuk S1 khusus UIn saya belum ada kabar mas mau di buka lagi kapan

  4. Kang awal maret 2012 kemarin q tanya k kmpus ktna 2 minggu kedepan ad rapat PMB IPI 2012.klo ad mata kuliah yg sma dr fak adab/fak lain tp dr uin suka jg,kira2 bs d transfer tidak?mslhna q n bbrp temen rncna mo ambil S1 IPI kls kusus.Qra2 gmn?

  5. ani

    sepengetahuan saya sampai saat ini belum di buka lagi program S1 khusus ilmu perpustakaan. trims

  6. ass, apa UIN MENERIMA TRASFER dari d3 ke s1.. aq dri lulusan d3 perpustakaan dan kearsipan…??

  7. Apakah UIN Menerima transferan dari DII Ilmu Perpustakaan dari UT?dan berapa biaya masuknya kalo mau kuliah di UIN?

  8. mau cari informasi apa sekarang di UIN tidak menerima transferan dari D3 perpustakaan ke S1 perpustakaan ya? Kenapa ya boleh tahu gak

  9. salam, , ,
    saya anak IPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta thn 2010.
    skrg saya br semester 3.
    saya br tau sejarah IPI UIN SUKA dr sisni.
    thx y?!
    tp informasi yang terbaru blm d update y?!
    sekarang sudah tidak ada transfer nilai dr D3 k S1 d UIN.
    dosen kita juga tambah.
    Diah Sri Rezeki, dan ibu Meriam, , , ke duanya dosen muda d IPI dan PII. lulusan UNPAD.
    pokoknya IPI, , ,TOP dech. jgn bicara hal negatif klu blm tau dlm ny, , ,
    hidup IPI.

  10. afril

    saya pernah tanya mas ke salah satu dosen, mekanisme untuk melanjutkan sih harus ikut test lagi seperti test SMPTN kalau yang program reguler, kalau yang khusus sampai sekarang belum dibuka lagi mas. Denger2 UT juga mau buka S1 kalau ga salah pertengahan 2012

  11. saya dari D2 perpus UT mau transfer ke S1 UIN bisa g ya??

  12. mau tanya klo saya dr D2 perpus lulusan UT, trs mo lanjutin ke S1 UIN bisa g ya?

  13. mecom……………… sy pengen tahu infonya donk scpatnya???

  14. kapan bru di buka ut ilmu perpustakaan di sambas

  15. Assalamualaikum. saya lulusan D3 Ilmu Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin, pingin melanjutkan S1 nya, mohon infonya…

  16. Saya Mahasiswa D3 di UIN SUKA angkatan 2009,memberikan info bahwa ada mata kuliah yang sudah tidak diajarkan lagi, di ganti dengan mata pelajaran lain…

  17. Hello…Selamat berjumpa. Saya Marcelo; dari Negara Timor Leste saat ini saya bekerja di Perpustakaan di Sebuah Universitas di Timor Leste, Saya lulusan fakultas Ekonomi di sebuah Universitas di Malang. Mau tanya bisakah Lembaga Universitas bapak/i membuka kelas jarak jauh ilmu pepustakaan Program DIII, lewat internet. kalau bisa apa saja Syarat-syaratnya. Mohon dibalas!!!!!!!!!!!!

  18. kami recruitment pt. showa – Astra Group.
    saat ini membutuhkan karyawan magang DIII Perpustakaan atau Kearsipan, job desnya :
    5 hari kerja, program 6 bulan
    uang saku 1,8 juta/ bulan
    makan siang
    Dokter perusahaan
    Jamsostek

    yang berminat email ke : tulus.widianto@showa.co.id
    atau recruitment@showa.co.id (telp 021-8934855)

  19. Assalamu’alaikum Wr Wb…
    Kapan Buka Kelas Jauh Untuk S1 Perpustakaan nichhh,,,
    Khususnya di Banjarmasin,,,
    Saya lulusan D3 Perpustakaan,,, Pengen Sekali ngelanjutin ke S1 nya,,,
    Kak Budhi,,, tolong informasikan ya kalo ada,,,, makasih sebelumnya
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  20. kapan mulai penerimaan mhs baru…..

  21. assalamu’alaikum, kpn buka kelas jauh untuk S1 Perpustakaan nich? khususnya di Bali sy lulusan D2 Perpustakaan bisa nggak lanjutin ke S1? trims infonya.

  22. Assalamu’alaykum.

    Mohon info apakah UIN bisa menerima lulusan D2 Perpustakaan UT untuk melanjutkan pendidikan ke DIII atau SI

  23. saya dari bengkulu nich, kl emag ada kuliah jarak jauh tuk S1 perpustakaan dibengkulu kayaknya banyak tuch yang pengen ikut

  24. mohon infonya untuk kuliah jarak jauh. banyak sekali kawan2 dari pasuruan jawa timur yang ingin kuliah S1 perpustakaan jarak jauh. mungkin bisa dipertimbangkan. terimakasih.

  25. kang budhi tolong informasinya seandainya ada S-1 perpustakaan jaraj jauh, saya sangat tertarik mengikutinya. terimakasih

  26. sebenarnya induk dari semua jurusan IP di indonesi itu yang mana?

  27. UDAH DIBUKA KULIAH JARAK JAUH PERPUSTAKAAN ? SAYA PUSTAKAWAN ASAL KALIMANTAN TIMUR YANG PENDIDIKAN S1 NON PERPUSTAKAAN PENGEN KULIAH PERPUSTAKAAN NICH…!!!

  28. UDAH DIBUKA KULIAH JARAK JAUH PERPUSTAKAAN ? SAYA PUSTAKAWAN ASAL KALIMANTAN TIMUR YANG PENDIDIKAN S1 NON PERPUSTAKAAN PENGEN KULIAH PERPUSTAKAAN NICH…!!!

  29. pengen belajar website di IPI

  30. aku barusan daftar tahun 2009 ini boz , mohon bimbingan

  31. thanks for your information

  32. Seeking Two Qualified Librarians, to catalogue and maintain the collection in a Christian school K-10. The librarians must be familiar with the Dewey Decimal System and know how to assign subject headings. Must have a library degree.

    Seeking A Library Technician / Clerk, to enter data into a library programme and maintain accurate records in a Christian school K-10. To file newspaper clippings and lesson plans and re-shelve library materials. Must be an organised person with a good command of English and should enjoy working with children.

    Please submit your complete resume to marketing@ichthusschool.com

  33. assalamu’alaikum….
    gimana cara nya kalau mau tau tentang ilmu perpustakaan jarak jauh?
    apakah ada layanan dari universitas?

  34. Untuk sementara, kelas dibuka secara reguler di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kalaupun ada kelas non reguler itu pun masih berupa kuliah tatap muka seperti biasa. Mungkin usulan dari mas Juni (yang kayaknya lahir di bulan Juni ya? hehehe) bisa dipertimbangkan, menginngat saat ini sistem kuliah jarak jauh bukan merupakan sesuatu yang tidak mungkin (tidak sulit).

  35. kapan buka kelas jauh di Kota mataram NTB Soalnya banyak sekali temen-temen yang lulusan DIII perpustakaan yang mau melanjutkan ke SI,?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.221 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: