Software automasi free VS fee


hare gini ada software free alias gratisan? mana ada lagi

software berkualitas umumnya kita harus membayar suatu fee untuk mendapatkan software tersebut, namun berbeda dengan software outomasi yang dibuat oleh para alumnus Teknik Perpustakaan dan dokumentasi IPB, mulanya para alumni ini berkumpul untuk membuat software outomasi yang diberi nama FREELIBS dan free alias freedom bebas untuk disebarluaskan. Software ini dibagi menjadi dua :

1. BAse OS (operating system) WINDOWS

2. Base OS LINUX Contoh OS Freelibs base linux

Contoh interface Katalog freelibs linux:

katalog linux

Untuk lebih jelas nya silahkan kunjungi :

http://www.tpders.com

atau PM mas Eru gun : di eruguna@yahoo.com or eruguna@ gmail.com

2. sofware FREE :

Selain Athenaeum Light, ada berberapa aplikasi untuk perpustakaan yang bisa di unduh secara free : Winisis 1.52 ,Athenaeum Light 6.0 [Unyil] dan GDL 4.0 , melalui Perpustakaan Universitas Indonesia.
Tentu saja semakin banyak kita mengenal aplikasi otomasi perpustakaan, akan memperkaya peluang dan kesempatan untuk belajar dan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.
Tidak akan pernah ada sebuah aplikasi yang bisa sempurna dan memuaskan banyak pihak, maka jangan menunggu sampai ada yang sempurna, mulailah dari apa yang ada.


3. Athenium 8.5 thenaeum Light 8.5

Untuk meningkatkan kemampuan Athenaeum Light 6.0 yang memiliki kapasitas data hanya pada kisaran 2 gyga byte , juga performa secara menyeluruh. KALI telah melakukan konversi Athenaeum Light 6.0 yang basic databasenya adalah Filemaker.6.0 ,dengan melakukan perubahan layout dan tambahan menu ” weblive” menggunakan software database Filemaker 8.5 .


Aplikasi ini merupakan versi Beta [permulaan], yang selanjutnya disebut Athenaeum Light 8.5 v.1 , dengan menu-menu fitur yang hampir sama dengan versi sebelumnya.
Perubahan yang paling mencolok dari versi 8.5 adalah
1. Mampu menampung data hingga 8 terabyte
2. Ada tambahan menu weblive
3.Lebih Robust terhadap gangguan [listrik mati mendadak, data crash dll]
4. Mempermudah ditampilkan dalam web dengan Filemaker API & PHP
5. Hanya bisa bekerja secara optimal pada OS Windows XP sp.2 atau 2000 sp.4

Menu Sirkulasi [Peminjaman]
Sementara pada layar peminjaman, sedikit ada perubahan dengan tampilnya Foto peminjam dan Cover buku , untuk akurasi transaksi


Web Live
Web Live di adopsi ke dalam Athenaeum 8.5 dengan tujuan agar pengguna bisa
dirujuk ke situs yang telah dipilih [pustakwan] untuk mencari data yang
tidak ditemukan dalam databse, tanpa harus membuka jendala [browser] lagi.

weblive

 

Tentu saja seperti halnya versi 6.0 yang open script Athenaeum Light 8.5
bisa di custom [modifikasi] sesuai selera anda dengan Filemaker 7 atau 8 & 8.5.[commercial]
Dengan harapan lebih banyak tangan-tangan kretiatif yang bersinggungan dan mau mengembangkan
sekaligus berbagi melalui aplikasi yang “free” [baca freedom] bukan ” free” beer or sugar candy.

Untuk mendownload aplikasi di atas silahkan kunjungi : http://www.4shared.com/file/15987757/a39cf89f/Athe85v1_Beta.html

 

Posted on September 2, 2007, in Perpustakaan. Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Muamar Khadafi

    perkembangan otomasi yang diterapkan di Perpustakaan yang ada di jakarta semakin meningkat,, klo bisa tolong ditambah dengan manual na dong, hal ini akan memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan nya di perpustakaan terkait. saya tunggu yaccch
    Bravo Perpustakaan

  2. @bowie maksudnya yang dikirim apanya mas ?

  3. oy mas kirim ke email aja infonya

  4. mas, tolong pencerahannya tentang memodifikasi atheneum light 8.5. Saya bermaksud ingin merubah tampilan depannya menjadi foto kantor dan nama kantor.
    Software apa aja yang diperlukan?
    Saya tggu infonya.

  5. Mas aku mo ngaktipin web companion tapi dikotakdialognya gak ada network protokolnya,hohon bantuannya dikrim ke email saya trimakasih banyak
    salam hangat

  6. MAS AKU NYOBA DOWNLOAD ATHENAEUM KOK GAK BISA YA……TIMBUL PESAN WAKTU DOWNLOAD TELAH HABIS….ITU KIRA KENAPA …………….ATAS BANTUANNYA TERIKASIH

  7. Salam kenal kang Budi,
    Kang Budi, saya ingin merubah dan memakai jaringan AT 8.5, dibutuhkan Filemaker 6.0, tapi dipasaran sulit nyarinya. Kira-kira dimana Kang, aku bisa mendapatkannya ? Atau kasihlah linknya ke aku. Kalau kang Budi punya tolong dong kang kirim lemat email.

    terimakasih kang Budi.

  8. gvrnu mekpnirqc ouadzfcqj qshud ksmjou vydtw xsiamwbj

  9. Pak mustafa, atau mas, atau mbah, atau dik, atau gus, atau apalah (prolog yang aneh ya….hehehehe) klo boleh saya bantu
    athe (panggilan athenium) itu adalah database yang dibangun dengan menggunakan software filemaker. jadi kalo untuk mengubah-ubah tampilan atau nambah database agar sesuai dengan lembaga njenengan, ya harus instal filemaker dulu. baru bisa dirubah2. gak sulit kok, asal mau belajar. kalo pengen jelasnya gabung aja dengan milis toolibs….

  10. saya udah donlod AT 8.5…tapi saya ingin merobah tampilan yang sesuai dengan perpustakaan saya gmn? ya caranya…minta tolong..

  11. mas bambang, saya mau coba urun rembug. sebelumnya saya mau tanya, untuk folder athe 6.0 berbentuk folder biasa atau masih dalam bentuk .zip? kalo masih dalam bentuk .zip berarti njenengan harus mengekstraknya dulu, agar bisa menyimpan data yang njenengan masukkan.
    kalo ternyata sudah berbentuk folder biasa,coba njenengan jalan-jalan ke menu administrasi. di situ ada tag fasilitas admin. nah, coba anda klik import data, kalo masih belum berrhasil juga, klik yang show all record. (ingat, jangan sekali-kali memencet tombol delete record, karna akan menghilangkan seluruh data anda). selamat mencoba. (untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke http://kali-indonesia.blogspot.com/)

  12. Saya sekarang sedang menggunakan Atheneum Light 6.0, tapi pada saat ingin menginput data kembali ternyata tidak bisa dan data yang sudah di input sebelumnya ternyata tidak terlihat kembali untuk judul bukunya.
    Saya ingin tanyakan langkah apa yang harus saya lakukan ? (untuk datanya terlihat kembali)
    Demikianlah atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan banyak terimakasih.

  13. paling ngene waktu buka athe nganggo filemaker seng pswrd merdeka ono perform seng diblock nah kui kudu digoleki biasane neng edit trus preference nah deloen seng allow user tapi kudu nganggo filemaker

  14. dlm aplikasi AT8.5 modifikasi, saat klik menu pencarian pada login OPAC (user) kadang2 keluar kotak dialog peringatan: “you acces privilages do not allow yo to perform this action” minta solusinya dong…!!!

  15. mas alfandi silahkan download di http://perpustakaan.lpmp-kalbar.net/koleksi%20elektronik/bahan%20ajar/digilib2007/panduan%20AT85.pdf
    atau di dalam paket downloadan ATHENAEUM LIGHT 8.5 sudah terdapat panduannya.

  16. mohon saya dikirim panduan pengunaan athenium light 8.5
    kalau boleh….
    maklum gaptek
    wassalam

  17. salam kenal.
    Minta tolong dong tutorial untuk modifikasi atheneum light, biar bisa di sesuaikan.
    Kalau yang tinggal pakai bingung kita mau menyesuaikan dengan yang kita mau.
    Maju terus.

    salam perpustakaan

  18. Mf kang jaya aku belum sampai di situ pengetahuanku. Untuk lebih jelasnya kang jaya dapat gabung dengan milis toolib «khusus membahas atheneium» di http://tech.groups.yahoo.com/group/toolib/ dan untuk topik yang hampir mirip http://tech.groups.yahoo.com/group/toolib/message/768

  19. baguuus…
    mas athenaeum light nya bisa digandeng dengan web sekolah
    hingga bisa online internet ga..?
    atau online host sendiri seperti GDL truss caranya gmana…
    tolong kasih tau …?? please…..

  20. yup, athenium memang bagus untuk perpustakaan kecil dan menengah seperti perpustakaan sekolah. Aku berhasil kok ngunduh GDL 4.0 di http://kali-indonesia.blogspot.com/ dan hasil nya sukses.

  21. sy kok gak bs mengunduh GDL ya? kenapa ya. kl yag enthaneum light sy dah coba bgs. cocok untuk digunakan di perpus kecil dan menengah

  22. Buagusssssssssssssssssssssss
    ayoh maju terussss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: