Fasilitas Teknologi Informasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Teknologi dapat diartikan sebagai pelaksanaan ilmu, sinonim dengan ilmu terapan. Sedangkan pengertian informasi menurut Oxfoord English Dictionary, adalah “that of which one is apprised or told; intelligence, news”. Kamus lain menyatakan bahwa, informasi adalah sesuatu yang dapat diketahui. Namun, ada pula yang menekankan informasi sebagai transfer pengetahuan. Adanya perbedaan definisi informasi dikarenakan, pada hakekatnya, informasi tidak dapat diuraikan (intangible), sedangkan informasi itu dijumpai dalam kegiatan sehari-hari, yang diperoleh dari data dan dari observasi terhadap dunia sekitar kita serta diteruskan melalui komunikasi. Secara simpel, definisi TI dapat diartikan sebagai teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi. Definisi tersebut menganggap bahwa TI tergantung pada kombinasi komputasi dan teknologi telekomunikasi berbasis mikroelektronik.

Perkembangan teknologi informasi merambah ke berbagai bidang tidak terkecuali lembaga non profit seperti perpustakaan. Perpustakaan sendiri harus menyediakan teknologi informasi yang memadai. Perpustakaan uin adalah salah satu perpustakaan yang mencoba menyediakan fasilitas teknologi informasi yang up to date atau muthakhir.

Ada beberapa alasan mengapa teknologi harus diterima dan di terapkan di perpustakaan :

1. Tuntutan terhadap mutu dan layanan perpustakaan

2. Tuntutan terhadap penggunaan koleksi bersama (Resouce sharing)

3. Kebutuhan mengefektifkan sumberdaya manusia

4. Tuntutan terhadap efisiensi waktu

5. Keragaman informasi yang dikelola

Fasilitas teknologi informasi di perpustakaan

Pengertian fasilitas berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (2002: 415) adalah sesuatu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, tugas dan sebagainya. Sehingga dapat dismpulkan bahwa fasilitas teknologi informasi di perpustakaan adalah segala sesuatu yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan.

Kepuasan pengguna dipengaruhi oleh jenis teknologi yang digunakan di perpustakaan. Umumnya, penilaian pengguna terhadap suatu teknologi adalah dari segi kemudahan menggunakan dan ketepatan memberikan hasil. Contohnya teknologi temu kembali informasi. Pengguna akan merasa puas dengan teknologi tersebut apabila hasil pencariannya relevan dan mudah digunakan. Karena itu, sangat penting bagi pustakawan memilih jenis teknologi sesuai kebutuhan pengguna sehingga benar-benar bermanfaat untuk mencapai kepuasan pengguna.

Adapun teknologi yang dipakai perpustakaan UIN sunan kalijaga sudah mewakili teknologi yang user friendly dari segi interface atau antar muka. Fasilitas teknologi di UPT perpustakaan UIN suka antara lain :

On Line Public Acces Catalouge (OPAC)

Perpustakaan memerlukan katalog adalah untuk menunjukkan ketersediaan koleksi yang dimilikinya. Untuk itu, perpustakaan memerlukan suatu daftar yang berisikan informasi bibliografis dari koleksi yang dimilikinya. Daftar tersebut biasanya disebut katalog perpustakaan.

Katalog komputer terpasang (online computer catalog) sering disebut dengan online public access catalogue (OPAC), adalah suatu pangkalan data cantuman bibliografi yang biasanya menggambarkan koleksi perpustakaan tertentu. OPAC menawarkan akses secara online ke koleksi perpustakaan melalui terminal komputer. Pengguna dapat melakukan penelusuran melalui pengarang, judul, subjek, kata kunci dan sebagainya. Pendapat ini selain menunjukkan fungsi OPAC pada penelusuran informasi, juga menekankan fungsi lain dari OPAC yaitu untuk menunjukkan keberadaan atau kekayaan koleksi dari suatu perpustakaan tertentu. Melalui OPAC, pengguna akan bisa mengetahui seberapa banyak judul, subjek, eksemplar, dan sebagainya dari koleksi suatu perpustakaan tertentu.

gambar screen shoot OPAC di UIN suka :

Electronic document storage ( e doc ) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang menyimpan data dalam bentuk full text yang berasal dari laporan penelitian, artikel jurnal, tesis, skripsi, dan laporan praktik kerja lapangan dalam bentuk PDF. Aplikasi tersebut menyediakan fasilitas alat bantu pencarian yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna sehingga mereka dapat membantu para pengguna sehingga mereka dapat memperoleh informasi yang diinginkan secara lengkap dan mudah.

Cara menggunakan e-doc :

  1. Dengan pencarian umum (global search)

2. Pencarian ditail

3. Pencarian browser list

Internet

Saat ini perpustakaan menyediakan 12 unit komputer dengan bandwith sebesar 512 Kbps. Dalam waktu dekat koneksi dengan internet akan ditambah

 

 

Kaset dan video

Untuk sementara koleksi yang berupa kaset dan CD belum dapat dipinjam tetapi dapat digunakan di ruang multimedia.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah siapkan pustakawan dalam menerapkan teknologi informasi di perpustakaan ?

 

Referensi :

Naibaho, Kalarensi. Teknologi di Perpustakaan : Kawan atau Lawan?. http://www.lib.ui.ac.id/readarticle.php?article_id=9

Koswara. 2005. Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung : Rosda Karya

Hasugian, Jonner. 2003.KATALOG PERPUSTAKAAN Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online (OPAC). http://72.14.235.104/search?q=cache:7COF7eAnNhUJ:library.usu.ac.id/modules.php%3Fop%3Dmodload%26name%3DDownloads%26file%3Dindex%26req%3Dgetit%26lid%3D672+pengertian+opac&hl=id&ct=clnk&cd=1&gl=id.
jumat14 september 2004 pukul 19.32

written by : budhi santoso

 


Posted on September 14, 2007, in Perpustakaan. Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. perkembangkan trus bos..perpus uin jgn kalah sama yg lain,dukung trus….

    biar lebih banyak manfaatnya.amin

  2. kembangke wae bud…………..
    apek kuwi

  3. Oya bud kapan sukurane…wisuda.

    selamat..ya…..hayoo..Refisi ..banyak..ya

  4. semoga perpus uin suka lebih profesional..

  5. sudah ada kok, klo yang lancar sih katanya pustakawan nya di lantai dua, tetapi kalo di lantai satu sinyalnya kurang kuat so kemungkinan gagal besar🙂 sekarang aksesnya masih bebas tapi besok di batesi lho he2

  6. Blognya dah ok’s bgt, tapi klo bisa lebih atraktif donk kang Bud !!!!
    Eh kang Bud smpeyan tau gak,di Prpus UIN tu ada Hot spotnya blm sih? kmrn aq coba log in tp gagal terus katanya lagi uji coba😦
    Aku tu kadang bingung jawabnya trus agaj malu dikit gitu kalo ditany ma teman2 dr Universitas lain “Eh wan di UIN tu dah ada hot spotnya belum tho,masak Gedungnya dah keren tp gak hot spotan?!”
    Ya aq jawab aj “katanya sih ada tp belum launching, masih uji coba.”
    So sukses wat UIN &kita semua

  7. belum tahu tuh, fasilitas book droop aja loem di instalasi semuanya. Besok tak tanyakan tanggal maen nya kapan🙂

  8. katanya dalam waktu dekat mo pake teknologi from singapore ya…?kapan ni tanggal maennya????

  9. salut!bud…..di kerenke lagi no….ben otre.

  10. MUHAMMAD masroer ch jb

    bagus-bagus and bagus untyuk kang budi dengan uin suka-sukanya di jogja, thanks

  11. Ass…
    Kuacungkan jempol untukmu Bud! Blogmu bagus, yang penting blogmu U kelola n sll U up date. Artikelmu bagus tapi menurutku ada beberapa pemilihan kata yang g tepat, satu lagi Bud, tentang E-Doc kok sama persis dengan brosur yang aku buat ya…..???? GPP sih tapi menurut metode penulisan bukannya sumbernya harus ditulis di referensi….mungkin U lupa ya…… Jangan marah lho….kritikku kan membangun. O..ya..thanks ya CDnya…. SELAMAT MENGERJAKAN SKRIPSI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: