LETAK PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA


Pernahkah anda melihat perpustakaan sekolah? Kalau pernah dimanakah kira-kira lokasi perpustakaan sekolah tersebut?. Ternyata menrut pengalaman saya mengelola perpustakaan sekolah dasar selama 2.5 tahun, letak perpustakaan secara tidak langsung mempengaruhi kunjungan siswa ke perpustakaan dan mempengaruhi minat baca siswa tersebut. Jika leak perpustakaan sekolah terletak di pojok dan tidak terlihat maka kencenderungan siswa datang ke perpustakaan akan semakin kecil.

Dari pengamatan saya, mengelola tiga perpustakaan sekolah ada bebepapa perpbedaan animo pengunjung perpustaakaan yang di dasarkan pada letak perpustakaan sekolah tersebut adapun perbedaan tersebut antara lain.

1. Perpustakaan SDN Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta

Perpustakaan SD sendang adi pertama kali saya datang mungkin keadaan nya seperti gudang dikarenakan waktu itu perpustakaan tersebut hanya difungsikan sebagai tempat meletakan berkas-berkas perpustakaan baik yang masih aktif maupun pasif sehingga terkesan seperti gudang, buku-buku perpustakaan yang masih belum ditata dan diklasifikasikan menurut standar yang baku. Kemudian ada permintaan dari kepala sekolah meminta saya untuk mengolahnya, karena bukunya ratusan maka saya mengajak temen-temen untuk ikut membantu mengolah bahan pustaka.

Pada waktu itu letak perpustakaan terletak ditengah-tengah sekolah sehingga dapat terlihat oleh siswa dan banyak yang berkunjung ke perpstakaan dan meminjam buku di perpustakaan. Kemudian karena ada renovasi sekolahan perpustakaan dipindahkan ke pojok perpustakaan yang jauh kelas-kelas lainnya maka timbullah masalah yaitu animo siswa untuk datang ke perpustakaan menjadi sedikit, mungkin hanya siswa yang rajin yang mau berkunjung kesana dan meminjam koleksi itu pun jumlahnya segelintir.

Setelah perpustakaan di renovasi dan jadi. Letak perpustakaan kembali di tengah-tengah sekolah, perpustakaan jauh lebih bersih lantai di keramik dan di cat baru. Ternyata animo pengunjung perpustakaan jauh lebih banyak dari sebelumnya walupun ruangannya sempit pengap jika cendelanya tidak dibuka, deket dengan WC yang kadang bau, tetapi mengapa animonya siswa yang berkunjung ke perpustakaan lebih banyak dari sebelumnya dan jika istirahat tiba bisa dibanyangkan penuh dan sesaknya perpustakaan tersebut karena banyak siswa yang berkunjung ke perpustakaan? Setelah saya amati ternyata terletak pada penataan rak buku yang ergonomis dan tata letak buku yang saya kelompokan sesuai subjeknya sehingga memudahkan siswa untuk mengakes koleksi yang mereka inginkan.

2. Perpustakaan SDN Bener Kota Yogyakarta

Perpustakaan SDN Bener lebih miris karena terletak di pojok perpustakaan yang jauh dari akses siswa sehingga berpengaruh pada kunjungan siswa ke perpustakaan. Yang menarik adalah karena setiap sabtu ada muatan lokal senitari di samping ruang perpustakaan sehingga kunjungan paling banyak adalah setiap hari sabtu.

3. Perpustakaan SD Muhammadiah Wirobrajan 1 Yogyakarta

Letak perpustakaan SDM Wirobrajan 1 adalah di lantai 2 paling pojok deket dengan kelas IV dan III. Walaupun letaknya di pojok minat baca siswa sangat tinggi terutama kelas III dan IV hal ini juga dipengaruhi kedekatan perpustakaan dengan kelas. Jarang dijunpi siswa kelas V dan VI datang ke perpustkaan karena jarak yang cukup jauh antara perpustakaan dengan kedua kelas tersebut.

Kesimpulan

Degan adanya fakta seperti diatas ternyata ada faktor lain yang mempengaruhi minat baca di samping kelengkapan infrastruktur dan koleksi perpustakaan, yaitu letak suatu perpustakaan juga harus dipertimbangkan karena secara tidak langsung juga mempengaruhi kunjungan siswa keperpustakaan. Sebaiknya letak perpustakaan sekolah di tengah-tengah sekolah sehingga mudah di akses siswa.

Posted on Desember 11, 2007, in Perpustakaan. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. thanks for this artikel….artikel bagus Bosss…
    minta izin meng_copy yach…

  2. nice… perpustakaan sekolah saya baru aja pindah tahun ini di sebelah lab komputer. Sebelumnya di sebelah gudang. Alasannya persis seperti mas budi bilang, mudah-mudahan pengunjung jadi bertambah.

  3. wew tulisan yang menarik…. memang generasi muda sekarang makin asing dengan perpustakaan

    kalo perpus dikelola dengan cara konvensional emang gak bakalan menarik minat siswa untuk berkunjung
    🙂

  4. ini bagus lo…… bwt pendidikan !!!!!!

  5. kang aku seneng banget baca tulisan kangbudhi,s. sip deh dan wawasan bagus buat aku. aku belum pernah terjun mengelolah perpus. tapi aku pengen banget.. oh ya ada tips lain ga seputar desain perpustakaan buat siswa dan gimana mempengaruhi agar anak-anak seneng mengunjungi perpustakaan….

  6. ruang perpustakaan adalah LOKASI = PLACE

    buku adalah BAHAN BAKU
    penataan adalah PROSES PRODUKSI
    BAHAN BAKU + PROSES = PRODUK

    pelayanan adalah SERVICE ADDED VALUE = PEOPLE

    PRICE = harga sewa

    jangan lupa PROMOTION nya manaaaaaaaa
    PLANK perpus yg jelas
    EVENT baca buku dan jumpa pengarang
    pengarang disini bisa macem2x, misal pengarang cilik
    atau bahkan pengarang di kelas sekolah anda
    misalnya ; kerjasama donk dengan guru bahasa
    bikin cerpen
    lalu bikin pembacaan cerpen
    lalu dinilai
    ada hadiahnya donk … biar kerennn
    misal hadiah sumbangan buku dari wali murid
    ( jadi wali murid nyumbang buku apa saja, nggak mesti baru
    lalu di kumpulkan, lalu si anak suruh milih sendiri pemenangnya tentu saja )

    sekedar ide … he he he he he

    salam reset

    indoreset ( printer lover’s / nDry )

  7. terlalu lo fren btw yup ok banget tuch, it’s a new paradigm to teh eh the future of modern librarian. YUP ok dech, semangat wae bro yang penting okeee

    jaya lah Pustakawan eh calon pustakawan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: